• Kontak Kami
  • Hotline : 0813 4381 1624
  • SMS : 0815 2430 8628
  • BBM : 7DE64542

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Ahad & Hari Raya Tutup
Selamat Datang di Apotek Riyo Online Melayani kebutuhan produk kesehatan, berbagai macam obat-obatan, herbal, vitamin, suplemen, kosmetik, dan alat kesehatan hanya dari sumber-sumber dan prosedur yang resmi.
Beranda » Artikel Terbaru » Apa Itu Stem Cell

Apa Itu Stem Cell

Diposting pada 20 December 2017 oleh Apotek RIYO

Stem Cell adalah sel induk atau disebut juga sel punca, merupakan master sel atau inti sel di dalam tubuh kita, Stem Cell merupakan sel yang belum berdiferensiasi dan memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi berbagai jenis sel lainnya, seperti sel pankreas, sel jantung, sel kulit, sel otot, dan sel organ tubuh lainnya.

Sel Induk berasal dari dua sumber utama, yaitu :

  • Embryonic Stem Cell, adalah stem cell yang terbentuk pada fase blastokista perkembangan embriologis
  • Adult Stem Cell, yaitu sel induk yang dewasa. Stem cell dewasa paling banyak ditemukan di dalam sumsum tulang.

Kedua jenis ini berpotensi untuk berdiferensiasi menjadi tipe sel yang berbeda (seperti kulit, otot, tulang, dll.).

Sel Induk Embrionik ( Embryonic Stem Cell )

Sel induk embrionik berasal dari embrio manusia berumur empat atau lima hari yang berada dalam tahap pengembangan blastokista. Embrio yang dibuat di klinik IVF (in vitro fertilization) biasanya dilebihi jadi ada beberapa sel telur yang dibuahi dalam tabung reaksi, namun hanya satu yang terbaik yang ditanamkan ke rahim wanita.

Reproduksi seksual dimulai saat sperma pria membuahi sel telur wanita untuk membentuk sel tunggal yang disebut zigot. Sel zigot tunggal kemudian memulai serangkaian pembelahan, membentuk 2, 4, 8, 16 sel, dan seterusnya. Setelah empat sampai enam hari – sebelum implantasi di rahim – massa sel ini disebut blastokista. Blastokista terdiri dari massa sel dalam (embrioblast) dan massa sel luar (trofoblas). Massa sel luar menjadi bagian dari plasenta, dan massa sel dalam adalah kelompok sel yang akan berdiferensiasi menjadi semua struktur organisme dewasa. Massa terakhir ini adalah sumber sel induk embrionik – sel totipoten (sel dengan potensi total berkembang menjadi sel di dalam tubuh).

Pada kehamilan normal, tahap blastokista berlanjut sampai implantasi embrio di dalam rahim, pada saat mana embrio disebut sebagai janin. Hal ini biasanya terjadi pada akhir minggu ke 10 kehamilan setelah semua organ utama tubuh telah tercipta.

Namun, ketika menguraikan sel induk embrionik, tahap blastokis memberi sinyal kapan mengisolasi sel induk dengan menempatkan “inner cell mass” blastokista ke dalam cawan petri. Karena tidak memiliki rangsangan yang diperlukan untuk membedakan, mereka mulai membagi dan mereplikasi sambil mempertahankan kemampuan mereka untuk menjadi tipe sel apa pun dalam tubuh manusia. Akhirnya, sel yang tidak berdiferensiasi ini dapat dirangsang untuk menciptakan sel khusus.

Sel Induk Dewasa ( Adult Stem Cell )

Sel induk dewasa atau somatik ada di seluruh tubuh setelah perkembangan embrio dan ditemukan di dalam berbagai jenis jaringan. Sel induk ini ditemukan di jaringan seperti otak, sumsum tulang, darah, pembuluh darah, otot rangka, kulit, dan hati. Mereka tetap dalam keadaan diam atau tidak membelah selama bertahun-tahun sampai diaktifkan oleh penyakit atau cedera jaringan.

Salah satu contoh sederhana kerja Stem Cell: pada saat tangan kita tergores pisau, jaringan sel kulit kita ada yang terluka, perubahan dalam anggota tubuh kita akan mengaktifkan Stem Cell untuk menggantikan sel kulit kita yang terluka tadi.

Sel induk dewasa dapat membelah atau memperpanjang sendiri tanpa batas waktu, memungkinkan mereka menghasilkan berbagai jenis sel dari organ asal atau bahkan meregenerasi keseluruhan organ asli. Umumnya kemampuan sel induk dewasa dianggap terbatas untuk berdiferensiasi sesuai jaringan asalnya, namun ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa sesungguhnya stem cell ini dapat berdiferensiasi menjadi jenis sel lainnya.

Proses Regenerasi Sel

Apabila ada jaringan organ tubuh yang rusak maka jaringan organ tersebut akan mengirimkan sinyal untuk meminta pelepasan Stem Cell dewasa dari sumsum tulang.
Stem Cell dewasa akan terlepas dari sumsum tulang dan mengalir di peredaran darah.
Kemudian jaringan organ tersebut akan mengirimkan sinyal yang berbeda untuk menarik Stem Cell bermigrasi ke dalam jaringan-jaringan dimana Stem Cell bereproduksi menjadi sel-sel baru yang sehat pada jaringan tersebut.

Sekarang kita sudah mengerti hal yang menyebabkan terjadinya penyakit, terutama penyakit Degeneratif yaitu kerusakan sel-sel dalam jaringan organ sehingga jaringan organ tersebut tidak lagi berfungsi sesuai dengan kebutuhan tubuh.
Penelitian ilmiah telah menunjukkan Stem Cell dapat menjadi jalan keluar penyembuhan penyakit degeneratif seperti Jantung Koroner, Stroke, Alzheimer, Diabetes, Leukemia, Kanker, Tumor, Parkinson dll

Terapi Stem Cell

Sebenarnya kita selalu mempunyai organ tubuh yang baru, akan tetapi akibat gaya hidup yang tidak sehat dan tidak sesuai dengan alam seperti makan minum berpengawet, kurang tidur, stres, merokok, lingkungan hidup berpolusi mengakibatkan menurunnya produksi jumlah Stem Cell,bertambahnya usia juga membuat penurunan produksi Stem Cell dalam tubuh seseorang. Sebagai akibat menurunnya jumlah Stem Cell terjadi penurunan kemampuan organ tubuh dalam proses regenerasi sel, sehingga terjadilah penyakit Degeneratif dan penuaan. Laju kerusakan sel sering kali tidak secepat perbaikan yang dilakukan Stem Cell sehingga ketidakseimbangan inilah yang mengakibatkan manusia terserang penyakit Degeneratif dan proses penuaan akan lebih cepat atau penuaan dini.

Terapi Stem Cell kini dapat menjadi suatu pilihan atau alternatif untuk mengatasi masalah-masalah ekstrem di bidang kedokteran. Merupakan pendekatan yang sangat efektif dan sangat menjanjikan dalam mengatasi masalah kesehatan manusia modern.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama bertahun-tahun, BCRO (Bio-Cellular Research Organisation) mengeluarkan pernyataan: “Terapi Stem Cell untuk menangani penyakit yang belum bisa disembuhkan dan tidak bisa diobati telah tersedia di seluruh dunia”. Stem Cell therapy sudah mulai dirintis sejak tahun 1931 oleh seorang pakar berkebangsaan Swiss yaitu Dr. Paul Niehans, sebagai anggota Papal Academy of Science.

Kabar baik bagi dunia kesehatan setelah adanya sekelompok ilmuwan dari Amerika Serikat yang telah berhasil menemukan mikroalga liar APHANIZOMENON FLOS AQUA (AFA) atau dikenal juga sebagai lumut hijau biru. Penjelasan tentang efektivitas tanaman ini telah banyak dibuktikan di ratusan jurnal medis, baik dari Amerika ataupun dari pihak ke tiga di seluruh dunia.

AFA terbukti sebagai tanaman ajaib yang dapat menjadi merangsang kembali tulang sumsum manusia sehingga mampu mengeluarkan atau memproduksi kembali Stem Cell.

Studi klinis membuktikan bahwa tulang sumsum manusia berhenti memproduksi dan mengeluarkan Stem Cell induk dewasa pada saat mencapai usia 25 tahun. Kekurangan sel induk dalam darah akan menyebabkan manusia rentan terhadap berbagai jenis penyakit Degeneratif seperti Diabetes, Darah Tinggi, Sakit Jantung, Kanker, Stroke, Gagal Ginjal, Alzheimer dan berbagai penyakit lainnya.

Stem Cell induk dewasa yang diproduksi kembali oleh tulang sum-sum manusia itu sendiri akan berfungsi menyembuhkan organ tubuh manusia yang sakit dengan terjadinya kembali proses regenerasi sel menggantikan sel yang sudah rusak dan mati. Jadi dengan terapi menggunakan APHANIZOMENON FLOS AQUA (AFA) Anda akan menjadi Dokter untuk Diri Anda Sendiri Dan Stem cell Yang Terbaik Adalah Stem cell Dari Tubuh Anda Sendiri.

Baca juga artikel :

Aktivasi Stemcell dalam Tubuh

CellMaxx

Bagikan informasi tentang Apa Itu Stem Cell kepada teman atau kerabat Anda.

Apa Itu Stem Cell | Apotek Riyo

Belum ada komentar untuk Apa Itu Stem Cell

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 8%
Rp 32.928 Rp 35.982
Ready Stock / OINCIOD
OFF 9%
Rp 28.381 Rp 31.103
Ready Stock / OWOODA100
SIDEBAR